MANFAAT MUSIK DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI

Posted by



Secara umum, manfaat seni musik dalam kehidupan sehari-hari dapat dijelaskan sebagai berikut.

1. Musik bermanfaat untuk menjaga kesehatan dan kekebalan tubuh

Musik ternyata bersifat terapeutik dan menyembuhkan. Menurut Campbel, musik mampu menghasilkan stimulan yang bersifat ritmis. Stimulan ini kemudian ditangkap oleh pendengaran manusia dan diolah di dalam sistem saraf tubuh serta kelenjar otak yang mereorganisasikan intepretasi bunyi ke dalam ritme internal pendengarnya.

Ritme internal ini memengaruhi metabolisme tubuh manusia sehingga prosesnya berlangsung dengan lebih baik. Metabolisme yang lebih baik akan mengakibatkan tubuh mampu membangun sistem kekebalan yang lebih baik. Dengan sistem kekebalan yang lebih baik, maka tubuh menjadi lebih tangguh terhadap kemungkinan serangan penyakit.

2. Musik dapat meningkatkan intelegensi 

Hal ini dapat terjadi karena rangsangan ritmis mampu meningkatkan fungsi kerja otak manusia. Ritme internal yang dihasilkan musik membuat saraf-saraf otak bekerja, rasa nyaman dan tenang yang distimulasi musik membuat fungsi kerja otak bekerja optimal. Apabil hal ini sering dilakukan, maka fungsi kerja otak manusia akan semakin prima, sehingga kemampuan berpikir menjadi lebih jernih dan tajam, serta bisa mencegah kepikunan (alzheimer).

3. Musik sebagai sarana relaksasi

Musik bisa menimbulkan reaksi psikologis yang dapat mengubah suasana hati dan kondisi emosi, sehingga musik bermanfaat sebagai relaksasi yang dapat menghilangkan stres, mengatasi kecemasan, memperbaiki mood, dan menumbuhkan kesadaran spiritual. Kesadaran akan fitrah kemanusiaan yang tidak bisa lepas dari masalah, kesadaran akan keberadaan kekuatan Yang Maha Sempurna, sehingga timbul kepasrahan untuk berserah kepadaNya.

Penyerahan diri inilah yang bisa mengurangi bahkan menghilangkan beban pikiran dan perasaan yang menekan. Rangsangan ritmis yang dihasilkan musik mampu membuat pikiran rileks, serta menimbulkan perasaan-perasaan positif, tenang, nyaman, dan optimis bahkan bahagia.

4. Musik sebagai alat dan media komunikasi antarmanusia

Musik bermanfaat sebagai alat dan media komunikasi antarmanusia karena musik merupakan bahasa universal yang mampu memadukan perbedaan, menciptakan perdamaian, dan solidaritas kemanusiaan. Sejarah sering kali mencatatkan peran dan manfaat musik sebagai sarana pergaulan dan media komunikasi yang bisa dipahami semua orang, sekalipun tidak memahami bahasa tiap-tiap bangsa. Dalam kehidupan sehari-hari musik sering kali menjadi alat komunikasi dengan orang yang dicintai, mewakili perasaan hati, ungkapan kerinduan bahkan kemarahan.

5. Musik sebagai sarana pengiring tari/dansa

Adanya unsur irama/ritme dalam musik, maka hal tersebut dapat memengaruhi perasaan seseorang untuk melakukan gerakan-gerakan indah dalam tari/dansa. Di Indonesia, musik banyak digunakan untuk mengiringi tarian tradisional. Di dunia Barat, musik juga berfungsi sebagai pengiring tari/dansa. Misalnya, musik waltz digunakan untuk mengiringi tarian waltz, musik disko untuk tarian disko, begitu juga jenis musik yang lainnya, seperti tango, rumba, beguin, cha-cha, R & B, dan lainnya.

6. Musik sebagai sarana upacara keagamaan

Dalam konteks keagamaan, musik dapat digunakan untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa. Musik keagamaan bersifat sakral, dapat mengilhami penganut suatu agama untuk selalu mengingatNya, baik dalam upacara adat, upacara pernikahan, maupun upacara kematian. Biasanya, permainan musik religius ini ditampilkan di tempat-tempat ibadah.


Sobat sudah membaca artikel MANFAAT MUSIK DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI dengan baik, terima kasih banyak sudah mengunjungi blog kami, nantikan artikel pelajaran selanjutnya.
Jika sobat ingin request artikel pelajaran, silahkan hubungi kami dengan mengisi form yang ada di bagian bawah blog kami.
Semoga hari sobat sangat menyenangkan ^_^


FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Demo Blog NJW V2 Updated at: 5:10:00 AM