PENGERTIAN SENI MUSIK

Posted by



Kata musik dalam bahasa Indonesia merupakan terjemahan dari bahasa Inggris music atau bahasa Belanda muziek. Menurut beberapa sumber, kata musik ini berasal dari bahasa Yunani mouisikos atau mosike (bahasa Latin disebut musika atau musa). Kata ini diambil dari nama salah satu dewa orang Yunani yang bernama Mousikos yang dilambangkan sebagai dewa keindahan dan menguasai bidang kesenian dan ilmu pengetahuan. Sedangkan, musik dalam kamus besar bahasa Indonesia dapat diartikan sebagai nada atau suara yang disusun sedemikian rupa sehingga mengandung irama, lagu, dan keharmonisan.

Secara umum, seni musik dapat diartikan sebagai seni menata bunyi menjadi suatu harmoni yang indah didengar. Atau seni musik merupakan salah satu cabang seni yang menggunakan media bunyi sebagai alat pengungkapan ekspresi dari senimannya. Menurut Aristoteles, musik mempunyai kemampuan mendamaikan hati yang gundah, mempunyai terapi rekreatif dan menumbuhkan jiwa patriotisme.

Unsur lain yang terdapat dalam musik, yaitu ritme. Ritme merupakan padanan kata dari istilah rhytm (bahasa Inggris). Orang sering menerjemahkan ritme ini dengan irama, walaupun sesungguhnya penerjemahan ini kurang tepat. Irama mengandung makna susunan panjang dan pendeknya rangkaian nada atau bunyi dalam sebuah satuan musikal. Sedangkan, kata ritme mengacu kepada susunan hentakan (beat) yang secara teratur datang, istilah ritme lebih dekat dengan pengertian birama dalam musik. Ritme sangat menentukan terbentuknya sebuah komposisi atau ciptaan musik. Nada dan ritme merupakan kesatuan yang padu sehingga terbentuk ciptaan musik.


Sobat sudah membaca artikel PENGERTIAN SENI MUSIK dengan baik, terima kasih banyak sudah mengunjungi blog kami, nantikan artikel pelajaran selanjutnya.
Jika sobat ingin request artikel pelajaran, silahkan hubungi kami dengan mengisi form yang ada di bagian bawah blog kami.
Semoga hari sobat sangat menyenangkan ^_^


FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Demo Blog NJW V2 Updated at: 3:17:00 AM

0 komentar: