MUSIK ZAMAN RENAISANCE (1500-1600)

Posted by



Zaman renaisance adalah zaman setelah abad pertengahan. Renaisance artinya lahir kembali, yaitu kelahiran kembali tingkat kebudayaan tinggi yang telah hilang pada zaman Romawi. Pada abad ke-15 ini merupakan simbol gerakan pembaharuan besar-besaran terhadap kebudayaan dan ilmu pengetahuan. Musik pada masa ini dipelajari dengan ciri-ciri khusus, contohnya nyanyian percintaan dan nyanyian keperwiraan.

Karakteristik musiknya lembut, mengalir, dan merupakan refleksi idealisme spirit para kaum intelektual pada zaman itu untuk kembali mempelajari seni pada masa Yunani dan Romawi kuno.

Pengaruhnya terhadap perkembangan musik adalah :
1) mulai tumbuh jenis sandiwara musik yang disebut opera,
2) instrumen musiknya berupa organ dan virginal (bentuk awal piano),
3) musik gereja semakin berkembang,
4) penyajian musik duniawi semakin bervariasi.

Fungsi musik pada zaman ini, yaitu sebagai musik hiburan, keagamaan, dan opera. Di kota Florence berkembang seni opera. Opera adalah sandiwara dengan iringan musik disertai oleh para penyanyinya. Komposisi musik dibuat dalam bentuk musik sederhana yang berfungsi untuk merangkul masyarakat luas yang awam.

Komponis-komponis pada zaman renaisance, sebagai berikut.
1) Giovanni Gabrieli (1557-1612) dari Italia.
2) Galilei (1533-1591) dari Italia.
3) Claudio Monteverdi (1567-1643) dari Venesia.
4) Jean Baptiste Lully (1632-1687) dari Prancis.


Sobat sudah membaca artikel MUSIK ZAMAN RENAISANCE (1500-1600) dengan baik, terima kasih banyak sudah mengunjungi blog kami, nantikan artikel pelajaran selanjutnya.
Jika sobat ingin request artikel pelajaran, silahkan hubungi kami dengan mengisi form yang ada di bagian bawah blog kami.
Semoga hari sobat sangat menyenangkan ^_^


FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Demo Blog NJW V2 Updated at: 3:25:00 AM

0 komentar: