MUSIK ZAMAN PRASEJARAH

Posted by



Musik sudah ada sejak zaman purbakala dan dipergunakan sebagai sarana untuk mengiringi upacara-upacara kepercayaan/upacara ritual masyarakat prasejarah, yaitu dalam pelafalan mantera agar mampu menimbulkan suasana magis. Ciri musik prasejarah adalah bersifat kebersamaan, semua orang boleh memainkan musik ini karena unsur irama sangat dipentingkan, sedangkan unsur nadanya sangat terbatas. hampir menyerupai percakapan.

Setelah peradaban manusia semakin berkembang, musik digunakan sebagai simbol dan tanda untuk suatu aktivitas. Musik digunakan untuk memanggil orang untuk berkumpul, digunakan sebagai tanda dalam peperangan, iringan tarian upacara tertentu, dan sebagainya.

Acara kesenian yang tadinya sekedar bersenang-senang, kemudian diubah menjadi upacara penghormatan terhadap dewa-dewa yang telah memelihara ladang dan ternak mereka. Maka kesenian pada sama ini, khususnya seni musik, dapat dikatakan berfungsi untuk upacara pengucapan syukur. Contohnya upacara suku-suku di Afrika, Indian, dan Indonesia. Jenis musik pada saat ini lebih banyak musik ritmis daripada musik melodis.


Sobat sudah membaca artikel MUSIK ZAMAN PRASEJARAH dengan baik, terima kasih banyak sudah mengunjungi blog kami, nantikan artikel pelajaran selanjutnya.
Jika sobat ingin request artikel pelajaran, silahkan hubungi kami dengan mengisi form yang ada di bagian bawah blog kami.
Semoga hari sobat sangat menyenangkan ^_^


FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Demo Blog NJW V2 Updated at: 3:19:00 AM

0 komentar: