MUSIK ZAMAN PERTENGAHAN (1000-1500)

Posted by



Zaman abad pertengahan sejarah kebudayaan adalah zaman antara berakhirnya kerajaan Romawi (476 M) sampai dengan zaman Reformasi Agama Kristen oleh Marthen Luther (1572 M). Perkembangan musik pada zaman ini disebabkan oleh terjadinya perubahan keadaan dunia yang semakin meningkat, yang menyebabkan penemuan-penemuan baru dalam segala bidang, termasuk dalam kebudayaan. Perubahan dalam sejarah musik pada masa ini adalah musik tidak lagi dititikberatkan pada kepentingan keagamaan, tetapi dipergunakan juga untuk urusan duniawi, yaitu sebagai sarana hiburan, keperwiraan, berkasih-kasih, dan untuk upacara pesta. Perkembangan selanjutnya, yaitu adanya perbaikan tulisan musik dan dasar-dasar teori musik yang dikembangkan oleh Guido Aretinus de Arezzo (1050 M). Pada masa ini, dia menemukan aturan nada diatonis : do, re, mi, fa, sol, la, si, do. Musik yang bersifat keagamaan, khususnya musik gereja, berkembang dengan adanya pembagian suara wanita dan suara pria, yang lazim disebut SATB; S = Sopran adalah suara wanita tinggi, A = Alto adalah suara wanita rendah, T = Tenor adalah suara pria tinggi, dan B = Bass adalah suara pria rendah. Selain SATB, bentuk nyanyian dengan beberapa suara terdiri dari :
1) motet : bentuk nyanyian yang terdiri atas beberapa naskah lagu yang dinyanyikan bersamaan,
2) kanon : bentuk musik yang dinyanyikan secara bersahutan sehingga membentuk paduan,
3) medigral : bentuk nyanyian yang terdiri dari beberapa suara.

Musik dengan menggunakan beberapa suara berkembang di Eropa Barat. Musik Gregorian disempurnakan oleh Paus Gregorius.

Pelopor musik pada zaman pertengahan adalah :
1) Gullanme Dufay dari Prancis.
2) Adam de la halle dari Jerman.

Akhir periode abad pertengahan merupakan awal penulisan karya-karya bentuk musik liturgi (musik keagamaan). Adanya alat musik organ pipa (pipe organ) memungkinkan terlahirnya musik-musik liturgi yang digunakan dalam kegiatan-kegiatan kebaktian. Pada periode ini mulai dikenal musik-musik polifonik (lebih dari satu melodi dimainkan secara serempak). Komponisnya yang terkenal adalah Leonin dan Perotin.


Sobat sudah membaca artikel MUSIK ZAMAN PERTENGAHAN (1000-1500) dengan baik, terima kasih banyak sudah mengunjungi blog kami, nantikan artikel pelajaran selanjutnya.
Jika sobat ingin request artikel pelajaran, silahkan hubungi kami dengan mengisi form yang ada di bagian bawah blog kami.
Semoga hari sobat sangat menyenangkan ^_^


FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Demo Blog NJW V2 Updated at: 3:23:00 AM

0 komentar: