Sebelum menguraikan lebih jauh mengenai pembinaan dalam bekerja prestatif, ada baiknya terlebih dahulu kita mengetahui tentang efektivitas bekerja dan efisiensi bekerja, wirausaha harus bekerja terukur, terencana dan terkendali dalam setiap tindakannya.
Efektivitas bekerja adalah suatu pekerjaan yang dapat diselesaikan tepat waktu, sesuai dengan rencana yang telah ditetapkan. Dengan perkataan lain, efektivitas bekerja adalah sampai tingkat apakah tujuan itu sudah dicapai dalam arti kualitas dan kuantitas. Setiap orang memiliki kemampuan mengatur semua kegiatannya tanpa ada keterbatasan. Dan seorang wirausaha memiliki kemampuan mengatur kegiatannya dengan terencana dan terukur dengan tingkat hasil tertentu.
Efisien bekerja adalah perbandingan yang terbaik antara input dan output, antara daya usaha dan hasil usaha, atau antara pengeluaran dan pendapatan. Dengan perkataan lain, efisien bekerja adalah segala sesuatu yang dikerjakan dengan berdaya guna atau segala sesuatunya dapat diselesaikan dengan tepat, cepat, hemat, dan berhasil guna.
a. Tepat, artinya bekerja mencapai sasaran sesuai dengan yang diinginkan atau semua yang dicita-citakan tercapai.
b. Cepat, artinya mengatur waktu dengan tepat pada tingkat tertentu. Bila pekerjaan dapat diselesaikan lebih cepat atau tepat pada waktu yang ditetapkan.
c. Hemat, artinya dengan biaya yang tertentu tanpa adanya pemborosan dalam bidang pekerjaan apapun yang menghasilkan pada tingkat tertentu.
d. Berhasil guna, artinya segala sesuatu sampai pada tujuan pekerjaan yang dimaksud tanpa mengalami hambatan-hambatan, sehingga meraih prestasi tertentu.
Sobat sudah membaca artikel MENANAMKAN PERILAKU KERJA PRESTATIF dengan baik, terima kasih banyak sudah mengunjungi blog kami, nantikan artikel pelajaran selanjutnya.Jika sobat ingin request artikel pelajaran, silahkan hubungi kami dengan mengisi form yang ada di bagian bawah blog kami.Semoga hari sobat sangat menyenangkan ^_^
0 komentar:
Post a Comment