KEGAGALAN DAN KEBERHASILAN WIRAUSAHA

Posted by


Wirausaha adalah orang-orang yang mempunyai kemampuan melihat dan menilai kesempatan-kesempatan yang ada; mengumpulkan sumber-sumber daya yang dibutuhkan guna mengambi keuntungan daripadanya dan mengambil tindakan yang tepat guna memastikan sukses. (G. Meredith, et.al, 1996).
Wirausaha adalah individu-individu yang berorientasi kepada tindakan, dan bermotivasi tinggi yang mengambil resiko dalam mengejar tujuannya. Agar ia berhasil dalam usahanya banyak ciri-ciri yang mesti dimilikinya, akan tetapi tidak semua harus dimiliki. Menurut Fadel Muhammad, ada sekitar tujuh ciri yang merupakan identitas bagi seorang wirausaha, yaitu :

1. Kepemimpinan.
2. Inovasi.
3. Pandai mengambil keputusan.
4. Sikap tanggap terhadap perubahan.
5. Bekerja ekonomis dan efisien.
6. Visi masa depan.
7. Berani mengambil resiko.

Menjadi wirausaha profesional harus memenuhi kriteria ketangguhan, adapun ciri dari kriteria tersebut adalah sebagai berikut :

1. Ciri dan kemampuan wirausaha tangguh
a. Berpikir dan bertindak strategis, adaptif terhadap perubahan dalam berusaha mencari peluang keuntungan termasuk yang mengandung resiko dan dalam mengatasi masalah.
b. Selalu berusaha untuk mendapat keuntungan melalui berbagai keunggulan dalam memuaskan pelanggan.
c. Berusaha mengenal dan mengendalikan kekuatan dan kelemahan organisasi usahanya serta meningkatkan kemampuan sistem dengan pengendalian intern.
d. Selalu berusaha meningkatkan kemampuan dan ketangguhan perusahaan terutama dengan pembinaan motivasi dan semangat kerja serta pemupukan permodalan.

2. Ciri dan kemampuan wirausaha unggul
a. Berani mengambil resiko serta mampu memperhitungkan dan berusaha menghindarinya.
b. Selalu berupaya mencapai dan menghasilkan karya bakti yang lebih baik untuk langganan, pemasok, tenaga kerja, masyarakat, bangsa, dan Negara.
c. Antisipasif terhadap perubahan dan akomodatif terhadap lingkungan.
d. Kreatif mencari dan menciptakan peluang pasar dan meningkatkan produktivitas dan efisiensi.
e. Selalu berusaha meningkatkan keunggulan dan citra perusahaan melalui inovasi di berbagai bidang.

Faktor-faktor yang menyebabkan kegagalan wirausaha.

Menurut Zimmerer (dalam Suryana, 2003 : 44-45) ada beberapa faktor yang menyebabkan wirausaha gagal dalam menjalankan usahanya, yaitu :

1. Tidak kompeten dalam manajerial. Tidak kompeten atau tidak memiliki kemampuan dan pengetahuan mengelola usaha merupaka faktor penyebab utama yang membuat perusahaan kurang berhasil.

2. Kurang berpengalaman baik dalam kemampuan mengkoordinasikan, keterampilan mengelola sumber daya manusia, maupun kemampuan mengintegrasikan operasi perusahaan.

3. Kurang dapat mengendalikan keuangan. Agar usahanya dapat berhasil dengan baik, faktor yang paling utama dalam keungan adalah memelihara aliran kas. Mengatur pengeluaran dan penerimaan secara cermat. Kekeliruan dalam memelihara aliran kas akan menghambat operasional usaha dan mengakibatkan usaha tidak lancar.

4. Gagal dalam perencanaan. Perencanaan merupakan titik awal dari suatu kegiatan, sekali gagal dalam perencanaan, maka akan mengalami kesulitan dalam pelaksanaan.

5. Lokasi yang kurang memadai. Lokasi usaha yang strategis merupakan faktor yang menentukan keberhasilan usaha. Lokasi yang tidak strategis dapat mengakibatkan usaha sukar beroperasi karena kurang efisien.

6. Kurang pengawasan, pengawasan erat kaitannya dengan efisien dan efektivitas. Kurang pengawasan dapat mengakibatkan pelaksanaan kegiatan tidak efisien dan tidak efektif.

7. Sikap yang kurang sungguh-sungguh dalam berusaha. Sikap yang setengah-setengah terhadap usaha akan mengakibatkan usaha yang dilakukan menjadi labil dan gagal. Dengan sikap setengah hati, kemungkinan gagal akan menjadi besar.

Sobat sudah membaca artikel KEGAGALAN DAN KEBERHASILAN WIRAUSAHA dengan baik, terima kasih banyak sudah mengunjungi blog kami, nantikan artikel pelajaran selanjutnya.
Jika sobat ingin request artikel pelajaran, silahkan hubungi kami dengan mengisi form yang ada di bagian bawah blog kami.
Semoga hari sobat sangat menyenangkan ^_^


FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Demo Blog NJW V2 Updated at: 8:40:00 AM

0 komentar: